“ TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN”

Strategi Pemasaran yaitu suatu cara sebuah perusahaan untuk meraih tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Secara umum strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.

A.    TUJUAN DAN TEKNIK STARTEGI PEMASARAN

Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:

·         Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran

·         Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku

·         Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan

·         Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran

B.     PRINSIP PEMASARAN

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe),menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan,dan dibeli oleh konsumen.Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum va/ue),keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).

C.    KEGIATAN PEMASARAN

·         Riset Barang dan Pasar

·         Gali Kebutuhan Konsumen

·         Cross Promotion

·         After Sales Service

·         Internet Marketing

 

D.    PERENCANAAN  PEMASARAN

Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut.

1.      Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

2.      Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut.

·         Pasar individual (individual market).

·         Relung pasar (niche market).

·         Segmentasi pasar (market segmentation).

3.      Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.

·         Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

·         Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.

·         Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.

·          lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

·         Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:

ü  kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar.

ü  memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time).

4.      Pemilihan Strategi Pemasaran

 Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

KESIMPULAN

Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan baik keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun ekstern perusahaan.Perusahaan perlu mempelajari persaingan serta pelanggan aktual dan potensial serta pesaing dari mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan, kelemahan dan pola reaksi pesaing serta merancang sistem informasi yang efektif.

Penentuan strategi posisi bersaing perusahaan dilakukan dengan mempertimbangkan kepada besar dan posisi masing-masing perusahaan dalam pasar sehingga inti pengembangan sebuah strategi pemasaran bagi perusahaan adalah untuk memberi keyakinan bahwa kemampuan perusahaan telah sesuai dengan lingkungan kompetisi pasar yang telah dijalankan , tidak saja untuk saat ini tetapi juga dapat melihat masa yang akan datang.Strategi penentuan posisi akan menggambarkan bagaimana perusahaan akan menempatkan diri dalam persaingan untuk memenuhi kebutuhan pembeli pada pasar sasaran.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini