“
TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN”
Strategi Pemasaran yaitu suatu cara sebuah
perusahaan untuk meraih tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas
pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Secara umum strategi pemasaran
adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan
metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.
A.
TUJUAN
DAN TEKNIK STARTEGI PEMASARAN
Tujuan
dari strategi pemasaran antara lain:
·
Meningkatkan kualitas koordinasi kepada
tim pemasaran
·
Mengukur hasil pemasaran menurut
standard prestasi yang berlaku
·
Memberikan dasar yang masuk akal didalam
setiap mengambil keputusan
·
Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi
apabila terjadi perubahan dalam pemasaran
B.
PRINSIP
PEMASARAN
Pemasaran adalah
kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe),menghasilkan barang
dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan
tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion),
mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran adalah
bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan,dan dibeli
oleh konsumen.Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan
(costum va/ue),keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran
(focus).
C.
KEGIATAN
PEMASARAN
·
Riset Barang dan Pasar
·
Gali Kebutuhan Konsumen
·
Cross Promotion
·
After Sales Service
·
Internet Marketing
D.
PERENCANAAN PEMASARAN
Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi
usaha baru, yaitu sebagai berikut.
1. Penentuan
kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan
konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan,
dan kapan mereka membutuhkan.
2. Memilih
pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus,
yaitu sebagai berikut.
·
Pasar individual (individual market).
·
Relung pasar (niche market).
·
Segmentasi pasar (market segmentation).
3. Menempatkan
Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan
dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.
·
Orintasi pada pelanggan (customer
orientation).
·
Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan
TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.
·
Kesenangan (convenience), yaitu
memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.
·
lnovasi
(inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun
proses.
·
Kecepatan (speed), atau Time Compression
Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:
ü kecepatan
untuk menempatkan produk baru dipasar.
ü memperpendek
waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time).
4. Pemilihan
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja
wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil
pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan
strategi pemasaran.
KESIMPULAN
Strategi pemasaran yang
dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan baik
keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun
ekstern perusahaan.Perusahaan perlu mempelajari persaingan serta pelanggan
aktual dan potensial serta pesaing dari mengidentifikasi strategi, tujuan, kekuatan,
kelemahan dan pola reaksi pesaing serta merancang sistem informasi yang
efektif.
Penentuan strategi
posisi bersaing perusahaan dilakukan dengan mempertimbangkan kepada besar dan
posisi masing-masing perusahaan dalam pasar sehingga inti pengembangan sebuah
strategi pemasaran bagi perusahaan adalah untuk memberi keyakinan bahwa
kemampuan perusahaan telah sesuai dengan lingkungan kompetisi pasar yang telah
dijalankan , tidak saja untuk saat ini tetapi juga dapat melihat masa yang akan
datang.Strategi penentuan posisi akan menggambarkan bagaimana perusahaan akan
menempatkan diri dalam persaingan untuk memenuhi kebutuhan pembeli pada pasar
sasaran.
Komentar
Posting Komentar