MY IDEA

BUSINESS MODEL CANVAS ( BMC)

" ORGANIZER WEDDING"

Ketika Anda mempunyai rencana untuk memulai suatu bisnis, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menulis sejumlah rencana bisnis tentang bagaimana cara Anda ingin menjalankan bisnis tersebut kedepannya, yaitu dengan membuat Executive Summary Business Ideal yang merupakan ringkasan dari rencana bisnis secara lebih terperinci,dan Business Model Canvas ( BMC) yang merupakan suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. Model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu

EXECUTIVE SUMMARY BUSINESS IDEA

Saat ini bisnis Event Organizer (EO) di Indonesia sedang menjadi trend di masyarakat. Bisa dilihat perkembangan jumlah Event Organizer di tiap tahunnya selalu mengalami penambahan. Event Organizer Wedding  baru yang selalu bermunculan setiap tahunnya membuat jumlah event ini terus bertambah dan persaingan antar Event pun tidak dapat dihindarkan. Selain harus bersaing, Event Organizer juga harus bisa bertahan sehingga bisnis Event Organizer dapat berjalan untuk jangka panjang.

Saat ini memulai bisnis Event Organizer tidaklah sulit, tidak membutuh modal yang terlalu besar, baik berupa uang maupun lokasi.Jika ingin menemui klien atau melakukan pertemuan dapat dilakukan di mall. Untuk mencari crew pun tidaklah sulit, saat ini banyak sekali yang ingin menjadi crew untuk Event Organizer dan bisa dicari dari berbagai kalangan. Selain itu Event Organizer  tentu dituntut dapat menjalankan aktivitas dengan baik serta memperhatikan model bisnis yang dijalankannya. Sebuahperusahaan tidak dapat berjalan maksimal apabila tidak disadari pada pengkajian model bisnis yang tepat.

BUSINESS MODEL CANVAS

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi, pembenahan dan pengkajian ulang terhadap model bisnis suatu perusahaan adalah Business Model Canvas. Business Model Canvas (BMC)adalah alat yang menjanjikan untuk mendukung memodifikasi atau menciptakan model bisnis baru dengan kecepatan yang lebih tepat. Tetapi untuk permulaan,  Anda bisa memulainya dengan menetapkan 5 Komponen  yang paling krusial.  Berikut penjelasannya beserta contoh ilustrasi Business Model Canvasnya dengan menggunakan ide bisnis Organizer Wedding.

1.       Customer Segment

                Customer Segment menjelaskan berbagai kelompok masyarakat atau organisasi yang ditargetkan Organizer untuk dicapai dan dilayani. Pelanggan adalah jantung dari setiap model bisnis. Tanpa pelanggan, tidak ada Organizer yang dapat bertahan lama,maka dapat dilihat bahwa pasar dari Organizer saat ini lebih difokuskan ke bidang wedding. Klien dariOrganizer mayoritas memiliki umur di atas 20 tahun dan menggunakan adat yang diinginkan Klien tersebut.

2.       Value Propositions

Pada elemen value propositions ini, dijelaskan produk dan jasa yang menciptakan nilai untuk segmen pelanggan yang spesifik. Value propositions adalah alasan mengapa pelanggan beralih kesuatu perusahaan dari pada keperusahaan lain. Hal ini disebabkan karena Tim Organizer dapat memecahkan masalah pelanggan atau memenuhi kebutuhan pelanggan.

3.       Channels

Channels merupakan bagaimana Tim Organizer dapat memberikan informasi, melakukan distribusi danpenjualan kepada konsumen mereka. Pada bagian channels menjelaskan bagaimana komunikasi Tim Organizer untuk dapat meraih segmen pasar dengan menyampaikan value propositionnya.

4.       Customer Relationship

Pada bagian customer relationship akan dijelaskan tipe interaktif sebuah Tim Organizer dengan segmen konsumen yang spesifik. Motivasi dari customer relationship yang dimiliki Tim Organizer adalah meningkatkan penjualan karena semua pelayanan yang diberikan juga untuk menarik lebih banyak klien.

5.       Revenue Streams

Tipe dari revenue stream yang dimiliki oleh Tim Organizer adalah recurring revenue dimana revenue didapat dari pembayaran yang sedang berlangsung baik memberikan value proposition kepada pelanggan atau menyediakan dukungan paska pembelian. Setelah terjadi kesepakatan harga, klien akan melakukan down payment dan Tim Organizer akan mulai memberikan layanan hingga hari H berakhirnya kontrak.

TERIMA KASIH

WILDA YATI



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini